Menentukan sebuah pilihan bukan perkara yang mudah, wawasan yang luas dan disiplin ilmu yang tepat menjadi kunci yang sangat diperlukan untuk dapat menentukan pilihan yang tepat. 

Sebuah pertanyaan dari Tes Wawasan Kebangsaan yang sangat menggelitik adalah Pilih Al-Qur’an atau Pancasila ?. Apakah pertanyaan tersebut hanya ditujukan untuk orang-orang yang beragama Islam ?

Secara spontan jawaban yang terbesit pertama kali bagi pemeluk agama Islam tentu memilih Al-Quran, karena sudah jelas bahwa Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Sebagai non-muslim jawaban mereka tentu memilih Pancasila.

Sebelum lebih jauh, mari kita analisa terlebih dahulu pilihan dari pertanyaan yang diajukan tersebut. 

Al Quran

Menurut istilah, Al Quran adalah firman Allah SWT yang mengandung mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran kitab suci umat Islam telah diterima dari generasi ke generasi tanpa ada perubahan. Sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa sampai akhir zaman.

Pancasila

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, Panca berarti lima dan Sila berarti asas atau dasar. Sehingga Pancasila merupakan lima asas dasar pedoman berbangsa dan bernegara rakyat Indonesia.

Butir-butir Pancasila :

  1. Ketuhanan yang maha esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Simpulan

Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa Al Quran dan Pancasila memiliki perbedaan yang signifikan. Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang tidak bergantung pada wilayah tempat tinggal, dimanapun umat Islam berada Al Quran tetap menjadi kitab sucinya. Sedangkan Pancasila adalah ideologi negara Indonesia, dimana setiap negara memiliki ideologi yang berbeda. Ideologi berlaku bagi seluruh warga yang bertempat tinggal atau berdomisili diwilayah ideologi negara tanpa memandang agama, suku, dan ras. Pada sila pertama Pancasila disebutkan Ketuhanan Yang Maha Esa, hal ini berarti bahwa ideologi Pancasila memuat unsur keagamaan secara luas.

Alasan dari penentuan pilihan

Memilih Al Quran :

Syarat utama untuk memilih pilihan Al Quran adalah beragama Islam. Sehingga pilihan Al Quran hanya dapat dipilih oleh pemeluk agama Islam. Pemeluk agama Islam sendiri tidak harus tinggal di Indonesia.

Memilih Pancasila :

Pancasila adalah ideologi bangsa indonesia, sehingga berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam memilih pilihan Pancasila syarat utamanya adalah menjadi warga negara Indonesia dan bertempat tinggal atau berdomisili diwilayah Indonesia. Ideologi Pancasila memuat unsur keagamaan secara luas.

Jawaban

Dari simpulan analisa diketahui bahwa didalam Pancasila termuat unsur keagamaan secara luas, hal ini berarti bahwa Al Quran sebagai kitab suci umat Islam berada didalam Pancasila. Sehingga jika pemeluk agama Islam memilih pilihan Pancasila maka Al Quran pun berada didalam pilihan tersebut.

Kualitas pertanyaan

Ditinjau dari pengertian dan definisi dari pilihan tersebut dapat disimpulkan bahwa pilihan dari pertanyaan yang diajukan tidak seimbang. Al Quran yang merupakan firman Allah SWT disandingkan dengan Pancasila yang merupakan gagasan dari manusia sedangkan manusia sendiri merupakan makhluk ciptaan Allah SWT.

Penalaran

Mencampur aduk akidah dengan ideologi apabila tidak diimbangi dengan disiplin ilmu yang tepat akan menimbulkan kerancuan dan salah penafsiran. Akidah melekat pada diri seseorang sepanjang kurun waktu hidupnya tanpa terpengaruh oleh wilayah tempat tinggal.